Rabu, 03 Desember 2008

LANGKAH-LANGKAH PENGINSTALAN MIKROTIK

Alat dan bahan :
  1. Obeng +
  2. Lan card
  3. Hard disk
  4. CD instalasi
  5. 2 PC
  6. buku panduan
  1. Pasang hardisk yang baru untuk melakukan penginstalan mikrotik. setelah itu pasng Lan card pada slot pcI yang tersedia dalam pc.
  2. Hidupkan computer lalu tekan,DEL lalu akan masuk ke bios, lalu lihat booting pertama dan ubah ke CD ROOM lalu masukkan cd install.
  3. Setelah itu tekann F10 untuk mengesave dan menginstall mikrotik. lalu pada layar instalasi pilih komponen yang akan di install, karena kita akan menginstall semua komponen tekan “A” untuk menandai semua lalu tekan “I” untuk menginstall tekan “Y” untuk memformat ke hardisk tekan “N” tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai.
  4. Setelah selesai keluarkan cd install mikrotik lalu tekan “enter” agar computer terriboot .
  5. Kemudian akan muncul login dan beri nama admin dan password di kosongkan saja.
  6. Kemudian ganti nama mikrotik router dengan cara mengetik (system identity set name=beri nama kelompoknya masing-masing).
  7. Lalu cara memberikan ip address pada interface mikrotik ketik (IP address add address=192.168.1.12 lalu “enter” untuk ether 2 tekan (ip address add address=30.30.30.1 netmasknya 255.255.255.0 interface=ether 2.
  8. Kemudian lihat konfigurasi ip address ketik=(ip address print).
  9. Setelah itu memberikan gateway,ketikkan (ip route add gateway)=30.30.30.1
  10. Kemudian lihat table rooting ketikan (route print).
  11. Kemudian tesping ke gateway untuk memastikan konfigurasi sudah benar ketik (ping 30.30.30.1)
  12. Lau dari computer client kita harus mengecek alamat ip dan gatewaynya, kalu sudah “reply”berarti sudah terkoneksi. Untuk download winbowx masukkan alamat di internet ketik :30.30.30.1 kalu sudah berhasil akan muncul tulisan mikrotik lalu download winbox lakukan pendownloadtan sampai selesai di winbox setelah itu ikuti perintah yang tercantum di dalam winbox untuk melakukan setting NAT dan DNS dll.

Tidak ada komentar: